Studi Banding di Minahasa Pemkab Minsel Disambut Sekda Minahasa Lynda Watania

Advetorial (Maret) Minahasa -Smnc–Sekretaris Daerah Kabupaten Minahasa Dr. Lynda D. Watania MM, M.Si, menerima kunjungan studi banding dari Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan Bertempat di Ruang Sidang Kantor Bupati, Kamis (14/3/2024).

Rombongan Pemerintah Daerah Kabupaten Minahasa Selatan dipimpin oleh Sekretaris Daerah Minsel Glady Kawatu SH M.Si, yang didampingi Asisten 1, Asisten II, Staf Ahli, Para Kadis dan Kabag.

Glady Kawatu mengatakan, selain studi banding, kunjungan ini juga sebagai bentuk silaturahmi bahwa kita adalah sesama Tou Minahasa, yang oleh karena pemekaran harus terpisah di tahun 2003 silam.

“Utamanya tentu karena bagian dari kerja yakni studi banding. Selanjutnya tentu silaturahmi dengan daerah asal kami, karena dari Minahasa lah Minsel bermula,” kata Kawatu.

Dia lalu memperkenalkan jajaran yang diboyong untuk studi banding ini, kemudian memaparkan sekilas tentang Kabupaten Minsel dibawah pimpinan Bupati Franky Donny Wongkar SH dan Wakil Bupati Pdt Yanny Petra Rembang.

Di sela-sela pemaparan yang meliputi program pemerintahan, pertanian, ekonomi, pariwisata, budaya dan pendidikan, Kawatu lalu menjelaskan bahwa, tujuan utama pihaknya adalah studi banding atau tukar informasi tentang pengelolaan keuangan dan kepegawaian, dengan satu tujuan untuk persamaan persepsi.

Sebab menurutnya, sebagai birokrat murni, tentu harus menjunjung tinggi tugas dan kerja. Namun demikian kata dia, disisi lain, birokrat kerap diperhadapkan dengan kepentingan-kepentingan politik yang kadang kala mengabaikan ketentuan dan aturan.

“Tapi itulah tantangan kita sebagai birokrat murni, harus berkomitmen menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan dan aturan, tentu dengan segala konsekuensi,” tukasnya.

“Sanksi kita lebih berat, ketika menghadapi persoalan hukum harus dihadapi sendiri, dan konsekuensinya adalah kehilangan jabatan atau karir yang telah dirintis bertahun tahun,” ujarnya lagi.

Usai itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa, Drs Riviva Maringka MSi, kemudian juga memperkenalkan jajaran Pemkab Minahasa yang hadir, yang selanjutnya dilanjutkan dengan pemaparan tentang Kabupaten Minahasa di bawah pimpinan Bupati Dr Jemmy Stani Kumendong MSi, oleh Sekda Lynda Watania, yang selanjutnya dilanjutkan dengan diskusi.

“Terima kasih sudah memilih Kabupaten Minahasa sebagai salah satu daerah untuk dijadikan tempat studi banding. Juga terima kasih karena sudah bersilaturahmi dan berbagi ilmu tentang pemerintahan dengan Pemkab Minahasa,” kata Watania.

Sementara, berkaitan dengan jalannya pemerintahan, Sekda Watania menegaskan bahwa semua terletak pada koordinasi dan konsolidasi. Bagaimana mengkoordinasikan dan mengkonsolidasikan seluruh tugas-tugas dengan pimpinan.
“Sekretariat daerah adalah perpanjangan tangan dari pimpinan, dalam hal ini Bupati dan Wakli Bupati. Maka dari itu, mengkoordinasikan segala tugas kerja dan kebijakan adalah hal mutlak yang harus dilakukan dengan pimpinan,” tukasnya.

Turut hadir dan mendampingi Sekda Minahasa yaitu Asisten I, Asisten III, Para Sahli, Pejabat Eselon II, Kabag Perkeu, Kabag Umum, Kabag Ortal, Kabag Prokopim.(Vecky)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *