Pj Bupati Minahasa Noudy Tendean Himbau Masyarakat Waspada Terhadap Cuaca Ekstrim

Minahasa–Smnc–Mengantisipasi bencana hidrometeorologi yang sangat berpotensi terjadi di seluruh wilayah Minahasa, Pj Bupati Noudy RP Tendean tak jemu-jemunya menghimbau masyarakat Kabupaten Minahasa,Selalu ekstra waspada terhadap kondisi cuaca ekstrim yang masih melanda. Terutama dalam menyikapi tingginya curah hujan di sertai angin intensitas deras dengan durasi lama yang mengguyur dalam beberapa hari terakhir.    

“Yang pertama, kita semua harus waspada. Sebagaimana yang kita ketahui cuaca ekstrim ini melanda Kabupaten Minahasa, bahkan di beberapa wilayah di Minahasa. Maka dari itu, kewaspadaan kita tidak hanya oleh Pemerintah saja, tapi juga masyarakat,” tandas Bupati.

Tendean sapaan akrab saat berada di kunjungan Hut Desa Kiawa baru baru ini ,menyampaikan sebagai Kepala Daerah menekankan tentang pentingnya mitigasi bencana yang wajib dimiliki oleh seluruh masyarakat. Selalu tanggap dan memiliki kepekaan terhadap kondisi lingkungan sekitar. Sehingga diharapkan dapat meminimalisir kerugian apabila terjadi bencana hidrometerologi. Baik banjir, tanah longsor maupun angin kencang.    

“Saya berharap, kewaspadaan ini terutama dalam hal mitigasi bencana. Laporkan situasi keadaan apapun kepada Pemerintah, baik melalui Pemerintahan Desa, Kecamatan. Atau bahkan langsung ke BPBD Kabupaten Minahasa,” pinta Tendean.
 
Menurut Bupati, kewaspadaan dalam menyikapi kondisi cuaca tidak bersahabat dalam beberapa pekan terakhir pastinya harus diikuti dengan kepedulian terhadap lingkungan tempat tinggal masing-masing. Baik sarana prasarana umum seperti sekolah, musholla dan kondisi jalan. Bahkan saluran air dan tempat sampah juga harus benar-benar diperhatikan kebersihannya.  

“Seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa saya mohon bisa memahami ini sebagai bagian dari kewaspadaan kita menghadapi segala kemungkinan. Apalagi curah hujan dengan intensitas yang cukup tinggi yang menyebabkan genangan. Atau bahkan jika airnya sangat berlimpah, hujannya sangat deras, maka akan menimbulkan bencana banjir,” pesan Tendean.

Sementara itu, Bupati menyampaikan rasa empatinya kepada warga terdampak banjir yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Minahasa.

Sekaligus mengajaknya agar tetap bersabar. Tentunya dengan senantiasa berdoa kepada Tuhan agar  dijauhkan dari segala ancaman dan marabahaya.(Jem)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *