Pj Bupati JSK Himbau Warga Waspada Terhadap Debu Vulkanik Gunung Ruang Tagulandang

Minahasa – LBN -Erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Sitaro berdampak ke sejumlah daerah di Sulawesi Utara, termasuk Kabupaten Minahasa, Kamis (18/4/2024).

Hasil pantauan di Kota Tondano Kamis siang, langit nampak berkabut dan kendaraan bermotor terlihat dipenuhi abu vulkanik.

Penjabat Bupati Minahasa, Dr Jemmy Kumendong MSi mengimbau masyarakat untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah Kalaupun akan keluar rumah agar menggunakan masker,” harap Kumendong.

Dia pun mengajak masyarakat dan jajaran Pemkab Minahasa untuk mendoakan warga yang ada di Pulau Tagulandang, Kabupaten Sitaro agar bencana erupsi Gunung Ruang cepat berakhir.

Ditempat terpisah, Plt Kepala Pelaksana Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Minahasa, Lona Wattie SSTP MAP mengatakan, informasi terbaru terkait aktivitas Gunung Ruang, langsung disampaikan kepada pimpinan yakni pak Bupati dan ibu Sekda Minahasa.

“Kami pun meneruskan ke jajaran terkait, didalamnya pemerintah kecamatan agar dapat teruskan ke masyarakat,” jelas mantan Kabag Umum Sekdakab Minahasa ini kepada wartawan di ruang kerjanya, Kamis sore.

Lanjutnya, pihaknya akan membuka Posko Bantuan Peduli Bencana Letusan Gunung Ruang.

“Posko mulai dibuka besok. Bagi masyarakat umum maupun organisasi perangkat daerah (OPD) yang ingin memberi bantuan dapat dibawa ke kantor BPBD Minahasa, Kompleks Stadion Maesa Tondano,” pungkas Wattie.(Jem)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *